JobDes vs Task List III

KUALIFIKASI PEKERJAAN

 

Sebelum membahas bagian III, terlebih dulu saya ucapkan terima kasih kepada pembaca yang telah menyempatkan waktu membaca tulisan bagian I dan II. Mohon agar tidak segan-segan memberikan komentar dan masukan untuk memperbaiki format maupun isi tulisan berikutnya.

Kembali ke topik Jobdes vs Task List bagian III ini menyoroti aspek kualifikasi pekerjaan. Kualifikasi yang biasanya ditampilkan dalam suatu jobDes biasanya adalah tingkat pendidikan dan pengalaman.

Bentuk paling sederhananya adalah:

1.  Kualifikasi Pendidikan  

Minimal pendidikan Sarjana, diutamakan Jurusan Ekonomi Akuntansi

2. Pengalaman Kerja

Minimal pengalaman 2 tahun.

Gambaran kualifikasi di atas menimbulkan kesulitan pada saat akan dilakukan rekrutmen karyawan, sehingga perlu dibuat satu form lagi yaitu ” form identifikasi kebutuhan tenaga kerja” untuk lebih mengungkap “karakteristik” kandidat yang lebih detail.  Kerja dua kali ? So pasti.

Contoh lain, misalkan keterangan di atas digunakan dalam mencari karyawan / rekrutmen, berapa banyak berkas lamaran yang tidak akan diloloskan ? Problemnya tidak hanya sebatas bagaimana proses rekrutmen dapat memperoleh kandidat yang sesuai, namun juga menghilangkan aktivitas-aktivitas in-efisiensi, sejak awal harus dipikirkan agar kandidat yang melamar paling tidak 80% lolos seleksi berkas, sehingga  dapat menghemat waktu dan tenaga selama proses seleksi awal.

Hhmmm.mm..m

Selain itu juga, kandidat yang kualifikasi baik (biasanya adalah orang yang berprestasi) cenderung mencari kualifikasi yang “tinggi” sehingga penggambaran kualifikasi sebagaimana di atas, akan dinilai “kualifikasi biasa-biasa saja” selain itu juga mereka akan memberikan persepsi negatif terhadap perusahaan yang menampilkan iklan lowongan sebagaimana di atas. kandidat yang berprestasi tidak akan tertarik untuk mengirimkan lamaran pada iklan lowongan seperti itu. 

Nah, kualifikasi pekerjaan yang sebaiknya dicantumkan adalah:

  1. Kualifikasi Pendidikan, terdiri dari:
    • Kualifikasi Ideal. Contoh: Pendidikan Sarjana Jurusan Ekonomi Akuntansi.
    • Kualifikasi Minimum: Contoh: Diploma III Jurusan Ekonomi Akuntansi.
  2. Pengalaman, terdiri dari:
    • Pengalaman Pekerjaan: 
      • Dipekerjaan sebelumnya membuat laporan keuangan bulana, meliputi laporan Cash Flow, Neraca dan Rugi Laba minimal selama dua tahun.
      • Membuat analisa kinerja keuangan perusahaan untuk mengevaluasi efisiensi inventori, optimalisasi penggunaan modal kerja, kelancaran cash bulanan, potensi fraud, dan efisiensi kewajiban pajak perusahaan minimal selama 1 tahun.
    • Prestasi (Achievement bukan Performance)
      • Pernah menghasilkan efisiensi terhadap kewajiban pajak perusahaan dengan metode / cara yang sesuai dengan UU Perpajakan yang berlaku.
      • Pernah membuat / menyusun prosedur standar pelaporan keuangan perusahaan.
  3. Sertifikasi
    • Wajib: Sertifikasi Brevet A & B
    • Nilai plus: Sertifikat CPA.
  4. Kompetensi, terdiri dari (Catatan: mengenai Kompetensi akan dibahas di bagian IV.)
    • Kompetensi Behavior
    • Kompetensi Teknis 

Nah, temen-temen praktisi HR dengan gambaran / uraian di atas secara mudah dan cepat, siapa saja bisa menggunakan informasi tersebut untuk melihat secara tepat kualifikasi yang seperti apa yang dibutuhkan oleh jabatan tersebut.

Bahkan apabila kualifikasi tersebut digunakan untuk melakukan seleksi kandidat dari internal perusahaan maka dengan mudah anda bisa langsung mendapatkan kandidat yang cocok dengan kualifikasi dimaksud dan bisa dipastikan kecocokan tersebut benar-benar bukan karena aspek kedekatan seorang karyawan dengan pihak pengambil keputusan.

Bagi karyawan lain yang memiliki pekerjaan di bawah kualifikasi jabatan di atas, dapat menggunakan kualifikasi tersebut untuk dijadikan arah pengembangan karirnya. Atau kalo kita mau lebih jauh lagi, uraian job des diatas dapat dijadikan salah satu informasi dalam pembuatan Career Path.

Oke.. saya kira cukup jelas pembahasan mengenai kualifikasi minus kompetensi. Untuk bagian IV, kita akan bahas kompetensi secara lebih dalam. Mohon teman-teman praktisi bersabar..

Salam.

HR Global Admin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: